-->
Jangan Makan Berlebihan! Inilah Porsi Makan Yang Baik dan Sehat Ala Rasulullah SAW.

Jangan Makan Berlebihan! Inilah Porsi Makan Yang Baik dan Sehat Ala Rasulullah SAW.


Porsi makanan yang sehat ala Rasulullah

Haii Sobat Mustikped :)
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang Porsi makan yang sehat ala Rasulullah SAW, bagaimana sih porsi makan sehat ala Rasulullah ? Mari kita simak sedikit artikel dari saya .
Kalian tahu kan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik loh, Bahkan Rasulullah sendiri melarang umatnya untuk tidak makan berlebihan. Untuk itu Rasulullah SAW memberi penjelasan bagaimana porsi makanan yang sehat untuk tubuh kita .

Begini porsi makanan yang dimaksud oleh Rasulullah SAW
Rasulullah tidak hanya melarang umatnya untuk makan berlebihan, tetapi Rasulullah juga memberikan cara yang benar. Hal ini juga telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasa-i dan Ibnu Majah. Isinya antara lain sebagai berikut

 “Tidaklah anak Adam memenuhi kantung yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas.”
Makan sebanyak sepertiga dari besar perut itu maknanya, seseorang hanya perlu mengisi perutnya dengan makanan sepertiga dari lambung. Sisanya boleh untuk minuman dan juga nafas yang kita hirup.

Lalu, bagaimana pula pendapat para ahli kesehatan tentang porsi makan ini ?
Porsi makan yang sudah dianjurkan oleh Rasulullah memang benar. Dengan begitu perut kita tidak terlalu penuh, sehingga kita tidak malas bergerak. Selain itu makan berlebih juga mengganggu respon metabolisme tubuh. Pakar kesehatan pun mengatakan bahwa porsi tersebut memang perlu diterapkan untuk setiap orang

Ini Akibat Jika Kita Mengonsumsi Makanan Terlalu Banyak
Menurut Rasulullah SAW , makan terlalu berlebihan bisa timbulkan beragam penyakit. Akan tetapi penyakit yang disebutkan oleh Rasulullah meliputi sifat dan Respon tubuh kita sehari-hari. Hal ini juga sudah di cantumkan pada Kitab Ihya’ Ulumiddin, al-Ghazali yang mana di dalam kitab tersebut disebutkan jika makan berlebihan bisa timbulkan enam penyakit pada tubuh kita.
Pertama adalah mengurangi rasa takut kita kepada Allah. Kenapa bisa disebut begini ? Lantaran orang yang tubuhnya dalam kondisi terlalu kenyang selalu merasa berkecukupan dan tidak terpikir membutuhkan orang lain. Jika ini terus dilakukan, bisa-bisa Allah SWT sang pemberi rezeki akan dilupakan olehnya.
Kedua lanjutan dari nomor pertama yaitu setelah rasa takut pada Allah SWT telah mulai sirna, maka orang itu pun menjadi bermalas-malasan untuk melakukan ibadah.
Ketiga yaitu hilangnya rasa untuk simpatis kepada orang lain karena dia sudah merasa bahwa semua manusia itu sama kenyangnya seperti dirinya.
Keempat, orang yang makan berlebihan hati dan telinganya menjadi tertutup dari segala sumber kebaikan maupun nasehat yang di dengarnya.
Kelima, tubuh orang yang dalam kondisi kekenyangan jika ia memberikan nasehat  kepada org lain maka org itu tidak akan mendengar nasihat darinya.
Keenam, makan terlalu banyak hingga kekenyangan bisa mengundang berbagai macam penyakit membahayakan bagi tubuh.
Waww tentunya sangat merugikan diri sediri kan sob .

Inilah Penyakit Berbahaya Yang Kemungkinan Besar Akan Datang Ke Tubuh Kita, Jika Kita Makan Berlebihan
Melanjutkan sambungan dari paragraf sebelumnya, Jika kita makan berlebihan bisa mengundang beragam penyakit. Salah satunya adalah pertambahan berat badan yang tentunya sungguh tidak menyehatkan (Obesitas). Menurut sebuah studi di tahun 2001 silam yang berjudul “Obesity” telah menyebutkan orang yang makan terlalu banyak cenderung malas bergerak dan berolahraga sehingga lemak jadi menumpuk di tubuh.
Juga bisa menimbulkan serangan jantung apabila lemak sudah berlebihan menumpuk di tubuh, dan juga penyakit kolesterol pun tidak bisa dihindarkan. Sebuah riset yang berjudul American Heart Association juga melaporkan bahwa kolesterol juga diakibatkan oleh orang yang terlalu berlebihan mengkonsumsi karbohidrat. Jika karbohidrat sudah sangat banyak menumpuk di dalam tubuh tentunya bisa terjadi penyumbatan pembuluh darah. Akibat fatalnya Kemugkinan besar akan terkena serangan jantung dan juga stroke.

Oke Sob, hanya itu artikel dari saya kali ini semoga bermanfaat buat kalian semua .
kalo kalian suka sama artikel ini, kalian boleh share ke temen-temen dan tunggu artikel selanjutnya dari saya .
Jangan Lupa Bahagia Sob :)



0 Response to "Jangan Makan Berlebihan! Inilah Porsi Makan Yang Baik dan Sehat Ala Rasulullah SAW. "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel